ANTV Corp
Newstainment

Ini Dia 7 Makanan Yang Dapat Menangkal Penyakit Kanker

Oleh : Mellizya Nurianda
Senin, 13 Maret 2017 | 19:34 WIB
696
Love
7 Makanan Penangkal Kanker

AN.TV - Penyakit kanker menjadi salah satu penyakit paling menakutkan bagi kita. Pasalnya, jika tidak ditangani sejak dini, penyakit tersebut akan mengakibatkan kematian.

Berikut beberapa makanan dan sayuran yang dapat mengatasi atau menangkal penyakit kanker dan bermanfaat bagi tubuh seperti dilansir dari Khasiat.com :

Bawang Putih

Bawang putih merupakan tanaman yang telah digunakan sejak jaman mesir kuno, kandungan allicin memang salah satu zat yang digunakan sebagai obat.

Allicin ini merupakan salah satu komponen biologis aktif yang paling utama dan besar kandungannya dalam bawang putih. Apa fungsi dari allicin ini ? ia merupakan zat anti bakteri yang terkandung dalam bawang putih. Zat ini lah yang membuat ciri khas pada bau bawang putih. Bawang putih memiliki kandungan senyawa sulfur yang disebut Allicin, yang diyakini sangat besar peranannya dan membawa manfaat kesehatan yang tiada duanya.

Raspberry

Banyak penelitian telah menemukan bahwa buah raspberry telah memiliki zat fitonutrien yang telah dipercaya memiliki peranan penting untuk mengurangi peradangan dan mengubah perkembangan dan juga reproduksi sel-sel kanker. Beberapa kandungan fitonutrien seperti ellagitannins yang ada di buah ini bisa mengurangi jumlah sel kanker.

Avocado

Buah alpukat memiliki manfaat antioksidan untuk kanker sehingga dengan adanya senyawa tersebut kandungan senyawa antioksidan di dalam buah alpukat dapat bermanfaat untuk melindungi tubuh dari senyawa radikal bebas sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit terutama kanker. etika terkena serangan sel kanker, kondisi tubuh akan cenderung menurun drastis sehingga tubuh penderita sangat rentan terserang berbagai macam penyakit. Kalori dalam buah alpukat cukup tinggi, selain itu juga dilengkapi dengan nutrisi yang lengkap seperti vitamin A, B, C, E, dan K sehingga buah alpukat dikenal dengan kaya akan manfaat.

Tomat

Tomat memiliki kandungan Lycopene yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas dan lebih kuat jika dibandingkan dengan vitamin E dan A. Kandungan lycopene pada tanaman tomat mulanya bermanfaat sebagai penyerap cahaya pada proses fotosintesis. 

Lycopene merupakan senyawa pigmen makanan yang menghasikan warna merah atau kuning pada tomat. Beberapa tipe kanker yang dapat diminimalkan dengan konsumsi tomat secara teratur diantaranya adalah kanker payudara, kanker prostat, kanker paru-paru, kanker pankreas, kanker serviks dan kanker usus, serta tidak menutup kemungkinan dapat berguna mencegah jenis kanker lainnya.

Anggur

Buah anggur merupakan buah dengan bentuk bulat dan memiliki warna yang beragam ada yang berwarna ungu, hijau dan juga merah. Buah anggur memiliki banyak zat - zat yang sangat di butuhkan oleh tubuh sehingga buah anggur sangat baik di konsumsi untuk menjaga kesehatan, terutama untuk mengobati penyakit kanker.

Untuk Mengetahui zat - zat yang ada di dalam buah anggur serta manfaat apa saja yang ada di dalam buah anggur silahkan baca manfaat anggur bagi kesehatan tubuh.

Almond

Mengkonsumsi kacang almond secara teratur akan membantu tubuh anda mencegah perkembangan sel kanker. Manfaat kacang almond untuk kanker ini telah banyak di teliti oleh ilmuwan. Selain pencegahan, kacang almond juga baik dikonsumsi bagi penderita kanker. Selain memiliki rasa yang nikmat pada kacang almond ternyata juga memiliki manfaat untuk penyakit kanker yang sangat ditakuti oleh banyak orang.

Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa dengan mengonsumsi kacang almond akan mengurangi kemungkinan terkena kanker usus. Hal ini disebabkan rendahnya kandungan lemak dan tingginya serat yang terdapat di dalam kacang almond. Ada baiknya untuk memperhatikan gejala kanker usus besar sebagai tindakan awal mendeteksi kanker ini.

Tingginya kandungan antioksidan dalam kacang almond juga membantu tubuh dalam melawan sel kanker. Antioksidan yang ada dalam kacang almond berasal dari vitamin E. Selain kanker usus, kacang almond juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya kanker kulit.

Lemon

Warna kuning yang terdapat pada lemon, aroma, dan buahnya merupakan obat yang paling berharga. Selain kandungan minyak di dalamnya yang kaya akan karbohidrat, gula, dan serat terdapat kandungan zat bermanfaat lainnya. Zat tersebut di antaranya vitamin C, riboflavin, asam folat, kalsium, fosfor, zat besi dan vitamin B1, vitamin B2, niasin, limonoid, flavonoid, karotenoid, dan zat lainnya.

Zat-zat tersebut memiliki kemampuan sebagai zat anti kanker yang akan mencegah timbulnya penyakit kanker pada tubuh. Di dalam lemon, terdapat zat yang disebut dengan limonin. Zat ini memiliki kemampuan sebagai anti tumor, anti virus, analgesik, anti inflamasi, efek hipnotis yang baik untuk sel-sel kanker sehingga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker tersebut.

 

Reporter : Anfiani Dwi

696
Love
(mn)